Memperkuat Jiwa Kepemimpinan, Kerjasama Team dan Tanggung Jawab via Game Outbound

Kerja sama, jiwa persaingan, tanggung jawab, dan kejujuran dapat digali melewati permainan. Inilah yang dijalankan PR IPM Muhammadiyah 12 GKB Gresik saat aktivitas Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang dikerjakan di Pacet.

Dalam menggali jiwa kepemimpinan, permainan outbound dipakai sebagai rangsangan untuk menguatkan karakter-karakter hal yang demikian. Mulai dari permainan one vision one mission, laser trap, moving ball dan transfer air. Baca juga informasi perihal outbound puncak.

"Permainan-permainan hal yang demikian untuk melatih karakter pemimpin siswa yang mencontoh LDKS," papar Nugra Heny SPd, koordinator IPM. "Karakter si kecil akan dieksplor, mulai dari kerja sama, kepekaan, jiwa pemimpin, tanggung jawab, hingga dengan kedisiplinan," tambahnya.

Misalnya, lanjut dia, permainan merayap lewat rintangan dengan mata tertutup. Siswa wajib kapabel via rintangan dengan bantuan rekan setim via instruksi sehingga ia dapat melalui dengan total.

"Permainan ini sebagai bentuk pembelajaran organisasi," ujar Ega Nandana Rafif, ketua IPM. "Semua peserta sepatutnya mengikuti segala permainan dengan antusias dan disiplin," ungkapnya.

Berdasarkan senada juga diberi tahu Yoraisa Ghany S. Kecuali siswa yang duduk di kursi kelas VIII ini, segala permainan format latihan dalam memacu jiwa pemimpin.

"Kita dapat belajar perihal bagaimana kita dapat memahami, menghargai, dan kerja sama dengan sesama dalam menciptakan hal yang diharapkan. itu, yang pasti, semua peserta seharusnya dapat mengurangi ego masing-masing," tambahnya.